Semua Berubah

Hari ini sudah pertengahan November, tapi kenapa ya di daerahku belum musim hujan, , suasananya malah panas banget, ya walaupun ada tuh cuma mendung dan gerimis dikit terus batal hujan!
Apa musim sekarang sudah berbeda dengan dulu, tapi kenapa di daerah lain sudah banyak yang musim hujan?
Sebenernya sih disini juga tidak kekeringan atau kekurangan air, yang mengharapkan hujan, tapi kenapa keadaan sekarang tidak seperti keadaan dulu?
Aku merasa jaman dulu November sudah sering sekali hujan deras.
Apalagi Januari, januari yang di istilahkano rang dengan hujan sehari-hari, tapi di Januari 2009 kemaren, tidak seperti itu, malah jarang sekali hujan? Padahal di jaman dulu atau tahun-tahun sebelumnya memang iya, dibulan januari memang setiap hari turun hujan.
Keadaan memang sudah berbeda.
Seperti sungai-sungai yang ada di desa, dulu sungai sangat deras sekali airnya, tapi sekarang airnya kecil, sawah-sawah yang dulu cukup pengairan dengan air sungai saja sudah cukup bahkan lebih dari culup.sekarang sudah tidak lagi, sekarang harus menggunakan mesin diesel kalo ingin kebagian jatah air buat pengairan sawah.
Aku rindu dengan suasana, dan keadaan waktu dulu, aku merindukannya.
Apa semua itu juga akibat ulah manusia?

31 komentar:

  1. sudah turun ujan belum bro?
    ditempatku udah nich

    BalasHapus
  2. Wah..kalo si Axl Rose ( Gun's Roses ) main ketempat mas Heru, lagu November Rain bisa di ganti tuh judulnya..he..he

    BalasHapus
  3. Kalau di tempatku sudah mulai hujan nh sob..
    sebentar lagi kayanya merata dh..

    BalasHapus
  4. di sini juga udah mulai hujan... sabar dan nikmati apa yang ada aja dulu.

    semangat!

    BalasHapus
  5. wah bro...

    di tempat saya malah hujannya gak kira2..

    melebihi garis normal, bisa 8 - 10 jam hujan,hehehehe

    BalasHapus
  6. @Pencerah, Belum sob, baru cuma mendung terus gak jadi ujan,
    @Noor'Blog, Terus nanti judulnya ganti November apa dunk? November Hot ya? hehe..
    @Kakaka, Wah asyik dunk!
    @Firman, Iya, Makasih ya.
    @Phonank, Wah.. tapi gak banjir to? hehe

    BalasHapus
  7. Mampir lagi mas...blognya saya follow ya ?

    BalasHapus
  8. waahh... di sini dah ujan terus neehh...

    BalasHapus
  9. wah perlu pawang donk...hehehee

    BalasHapus
  10. hehehe... salam kenal Mas Herru
    sudaah waktunya kita mengerti bahwa dunia ini makin tua dan tentunya makin meminta perhatian yg lebih.....

    btw, Surabaya hari ini hujan sebentar sekitar 15 menit

    BalasHapus
  11. tanyakan pada rumput yang bergoyang

    BalasHapus
  12. di jakarta dh hujan (karena lagi tugas)
    di ponorogo udah ujan (kemeren pas pulang ujan)
    dimanado juga dah ujan
    sekian laporan pandangan mata

    BalasHapus
  13. @Noor's Blog, iya makasih..
    @Cerpenis Bercerita, Disini malah belum, cuma gerimis dikit tok, terus gak jadi.
    @YolizZ, Wah mandi ujan dong tiap hari.
    @Rumah Bloger, hehe.. berul tuh.
    @Sebarinnet, Memang ita, dunia dah tua.
    @Mantan copet, Iya, memang perlu lebih diperhatikan.
    @Kosong, makasih kunjungannya.
    @Suwung, terima kasih laporannya.

    BalasHapus
  14. wah kemaren d tempatku baru pertamakali ujan tp cm bentar doang :(

    BalasHapus
  15. yappp bener panasnya ampun2an.. sampe aku jadi hobi kramas uhuhuh

    BalasHapus
  16. di Bogor malah biasa digutur hujan
    skrg aja lg musim2 nya :)

    BalasHapus
  17. lagi ketakutan akan terjadinya banjir nih...

    BalasHapus
  18. berkaca sebelum mnyalahkan, apa yang sudah kita lakukan?

    BalasHapus
  19. wah.. sabar ya bang,.. dunia memang makin tua.. pemanasan global menggila.. ya beginilah nasib kita..

    BalasHapus
  20. disini kadang ujan pelit banget...
    kadang deras, kadang lemot

    BalasHapus
  21. disini bahkan ada suara petir menggelegar...
    jadi atut nih
    wakakaka

    BalasHapus
  22. bisa jadi bro, ulah manusia yang seenak udelnya membabat abis pepohonan membuat tanah ga bisa nyimpen banyak air, otomatis mata air bakal kering, kalo dah gitu sungai2 bakal surut lantaran mata airnya macet. nah sungai2 yang kering itu bakal sedikit mengalirkan air kelaut, kalo air lautnya surut,otomatis titik2 air bakal sedikit memuai ke langit,makanya ga ujan2 hehehe........

    BalasHapus
  23. disini hampir tiap hari mas, Alhamdulillah ntar gantian kali ya kayake pemadaman Listrik oleh PLN hahahaha

    BalasHapus
  24. saat ini bukjanlah yang lalu dan sebaliknya :)

    BalasHapus
  25. wah, jogja ujan lebet terus...
    cucian jadi apek nih,hhahha

    BalasHapus
  26. kunjungan balik nih....
    makasih udah mampir di blogkuw ya.... :)
    di tempatku jg blm hujan siyh...
    panas bgt rasanya...
    pdhl kalo hujan kan asyik....
    november rain.....hehehe
    yah, mungkin ini akibat ulah manusia kali...hihihi

    BalasHapus
  27. walaahh...di tempat saya malah sudah mulai banjir...

    BalasHapus
  28. everything is gonna be change in our life :) makasih udah maen ya.......semoga kita selalu jadi kawan yang baik di blogsphere amin

    BalasHapus
  29. Disini juga dah banyak sungai yang kering kok. Tapi itu karena kerusakan DAS akibat penggalian pasir dan batu. Kalo hujannya sih tetep rajin. ;)

    BalasHapus